NUN




NUN

Oleh: Moehji Ben Sjamsoeir

(Nun) boleh kapan kau menjadi cahaya bagiku; menjadi api dalam dingin susumku; dalam ejaku. Dalam aku dan di luar aku. Kujepit namamu dengan huruf tersembunyi: nun ujarku lagi. Dalam latin kau dua; dalam aksra kanan kau satu bermahkota.
Mim; ningku—kubaca dalam nada seorang tua dalam Kluat—diberi tanda; lintang pancung di bawah perutnya. Lanjut; pada nafas jamiahmu kau dapati; hati makna huruf itu; faa; ningku—kubaca dalam nada seorang tua dalam Kluat—tersemat kerudung di atas titikmu.   Mif; ningku.
***
(Nun) boleh kapan kujepit jari gulamu; sebelum jinjit badan dalam gaulmu. Kala diberi merah ujung kukumu; jam mekar mawar di telapakmu. Kali pertama kau beri merah warna bibirmu; merah samar warna di atas tulang pipimu. Celak di tutup matamu; tak niatku, jika kehedak membuka; kau lihat celaka dalam rumahmu.
Taa; ningku—kubaca dalam nada seorang tua dalam Kluat—diberi ia lintang pancung di atas matanya. Senyumku berada pada suku kedua dari namamu itu. Lanjut; pada aroma abab jamiahmu ada itu; jantung hati rakyat jadi denyutnya. Haa; ningku—kubaca dalam nada seorang tua Kluat—kubunuh mati ujung awal; sambung tulang sendi namamu.                  Tah; ningku.
***
Hidup awal ujung; sambung namamu. Dari bulan yang mengirimi alif dan lam untuk menjemput awal huruf dari; [surga] itu. alif sendiri ia dalam persuntingan lam. Alif; ningku. Ada dalam keadaan tak terbaca. Diizinkan-Nya kah aku mengeja huruf setelah kubuka; baca suku-suku; huruf yang membentuk [kunci] itu?.                                                                                   
[h]ul; ningku—kubaca dalam nada seorang Kluat—mengeja sambung yang lalu
***
Jim; ningku—kubaca dalam nada seorang Kluat—. Bersembunyi huruf bintang sabit itu dalam suku ke empat saku namamu. Diberi ia lintang pancung di atas mulut menganganya. Nun kubaca lagi. Pada titik ini; salah satu maksud (Nun)ku itu berada; di bawah gambar yang kuselipi kata.
[nun belum juga berakhir]


Yogyakarta, 6 Agustus 2017
Sumber gambar: www.naghashi-khat.com

Komentar